Persahabatan atau Permusuhan

Friendship or hostility

“Persahabatan … bukanlah sesuatu yang Anda pelajari di sekolah. Tapi jika Anda belum belajar arti persahabatan, Anda benar-benar tidak belajar apa-apa.”

Apakah itu tidak sakit?

Anda mengembangkan persahabatan dengan seseorang yang tampaknya layak tapi ternyata menjadi masalah besar dalam hidup Anda.

Saya tidak berbicara tentang orang-orang sesekali tergelincir seperti menjaga Anda menunggu di kedai kopi sampai lama ketika pertemuan itu dijadwalkan untuk jam yang sebelumnya. Maksudku hal-hal yang benar-benar memangkas jalinan persahabatan-barang Anda yang benar-benar sakit, seperti kata-kata kasar yang memangsa kelemahan Anda dan kepekaan, atau pengkhianatan lengkap kepercayaan dan penyalahgunaan niat baik Anda.

Kita semua rentan terhadap disakiti oleh orang-orang terdekat kita, dan akupun tidak terkecuali. Selama bertahun-tahun, aku sudah berteman dengan beberapa orang yang ternyata merusak kesejahteraan saya. Beberapa telah berbicara kata-kata kepada saya bahwa memotong seperti pisau. Lainnya telah dingin menuduh saya hal yang saya bahkan tidak akan bermimpi melakukan, hanya untuk menyimpan menyembunyikan mereka sendiri.

Tapi meskipun rasa sakit dan penderitaan mereka pengalaman menempatkan saya melalui, mereka mengatakan saat-saat dalam hidup saya karena mereka memaksa saya untuk memikirkan kembali pemahaman saya tentang arti sebenarnya dari persahabatan. Kita sering berteman seseorang karena kita melihat kesamaan di dalamnya. Mereka telah berbagi kepentingan, latar belakang umum, atau rasa yang sama humor. Tapi sementara semua hal-hal yang penting, mereka tidak cukup untuk membangun, persahabatan tahan lama berakar pada, setidaknya tidak sendiri.

Aku punya banyak kesamaan dengan teman-teman saya, dan mereka selalu retak saya, jadi mengapa mereka berakhir dengan menyakiti saya? Ada sesuatu yang jelas hilang, dan setelah beberapa refleksi yang mendalam, saya menemukan apa itu.

Untuk persahabatan sejati yang membentuk, itu harus saling dibangun di atas pilar penting-kuat bahwa liang yang mendalam di luar hal-hal yang dangkal.

Leave a Reply

